Kamis, 26 Januari 2012

kelebihan dan kekurangan Netscape Navigator


Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyakdigunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh NetscapeCorporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebihbaik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscapetersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, sertaMacintosh.Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic WebBrowser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuatNCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentukNetscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagaiNetscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web,dan aplikasi lainnya.Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Geckoyang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelahNetscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigatoradalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing,upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurangbagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu,web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulaiterpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.


Kelebihan dan kekurangan Netscape Navigator

·         Kelebihan
Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dandownload.
·         Kekurangan
Secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakanweb browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanyapada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.


3 komentar:

  1. permisi gan, saya ada tulisan tentang netscape, boleh minta pendapatnya kah..
    http://datacomlink.blogspot.com/2017/01/Peran-Eric-S.-Raymond-yang-menginspirasi-Netscape-Go-Open-Source.html
    terima kasih gan..

    BalasHapus